8.05.2014

Metode - Metode Pembelajaran

Diposting oleh diana lusi di Selasa, Agustus 05, 2014
Selamat malam people, dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan materi yang saya dapat ketika semester tiga, semoga bermanfaat untuk kita semua :) 
saya akan memberikan penjelasan dari beberapa metode pembelajaran yang bisa dipakai atau diimplementasikan kepada peserta didik, khusus nya untuk anak sekolah dasar, yuk ke TKP ^^
Membedakan istilah Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran.
  • Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum,didalamnya mewadahi, menginspirasi, menguatkan dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu.
  • Strategi Pembelajaran
Merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. dalam strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan,artinya bahwa strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran.
  • Metode Pembelajaran
Dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. 
Contohnya : Ceramah, Demonstrasi, Diskusi, Simulasi, Laboratorium, Brainstorming, Debat, Seminar, Bermain peran (Role Play), Studi Kasus.
  • Teknik Pembelajaran
Dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. 
Contoh : Penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas.
  • Taktik Pembelajaran
Merupakan gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual.
Contoh : Terdapat dua orang guru sama-sama menggunakan metode ceramah, tetapi mungkin akan sangat berbeda dalam taktik yang digunakan oleh keduanya. Dalam penyajiannya, guru yang satu cenderung banyak diselingi dengan humor karena memang dia memiliki "Sense of Humor" yang tinggi, sementara guru yang satunya lagi kurang memiliki "sense of humor", tetapi lebih banyak menggunakan alat bantu elektronik karena memang dia sangat menguasai bidang itu.
  • Model Pembelajaran
Merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. dengan kata lain, penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
  • Metode Pembelajaran
ada beberapa metode pembelajaran, diantaranya adalah :
  1. Ceramah
    Merupakan metode pembelajaran yang memberikan informasi pada sejumlah siswa pada suatu kesempatan.
    Kekuatan : dapat mencakup banyak siswa, tidak banyak memerlukan peralatan serta penyaji dapat tepat waktu.
    Kelemahannya : tidak mendorong seseorang untuk mengingat materi, partisipasi siswa terbatas, penilaian terbatas pada kemampuan siswa dan tidak ada keseimbangan berpikir antara guru-siswa.
  2. Demonstrasi
    Merupakan pembelajaran seorang guru yang memperlihatkan suatu proses.
    Kekuatan : lebih menimbulkan minat, dapat menjelaskan prinsip-prinsip dan prosedur yang masih belum jelas serta belum dipahami untuk keterampilan tertentu.
    Kelemahannya : memerlukan waktu persiapan yang agak lama, peralatan mahal dan sering dilakukan oleh kelompok terbatas.
  3. Diskusi
    Merupakan ajang bertukar pikiran diantara sejumlah orang dalam membahas masalah tertentu yang dilaksanakan secara teratur, dan bertujuan untuk memecahkan masalah secara bersama.
    Kekuatan : siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, mengembangkan tanggung jawab, mengembangkan rasa percaya diri, ide berkembang, terbuka, terarah, memperoleh banyak informasi.
    Kelemahan : memerlukan banyak waktu, perlu persiapan yang matang serta perlu waktu untuk siswa yang bersifat pemalu dan otokratif.
  4. Simulasi
    Metode pembelajaran yang memberi kesempatan kepada siswa untuk menirukan suatu kegiatan atau pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari.
    Kekuatan : bersifat menyenangkan, dapat mengembangkan kreatifitas siswa, kegiatan dilakukan tanpa memerlukan lingkungan yang sebenarnya, menimbulkan interaksi antar siswa, serta menumbuhkan cara berpikir kritis.
    Kelemahan : siswa harus siap mental,lebih mementingkan proses pengertian, tidak memberi kesempatan untuk berpikir kreatif.

  5. Laboratorium / Praktek
    Metode pembelajaran yang memberi kesempatan pada siswa untuk mempraktekan konsep pelajaran yang telah diterima.
    Kekuatan : dapat mengembangkan kreativitas siswa, menimbulkan interaksi antar siswa, serta menumbuhkan cara berpikir kritis.
    Kelemahan : membutuhkan waktu lama, tidak semua hal dapat dipraktekan
  6. Brainstorming
    Metode ini digunakan dalam pemecahan masalah, setiap anggota kelompok mengusulkan dengan cepat kemungkinan pemecahan yang terpikirkan.
    Kekuatan  : dapat memunculkan pendapat baru, merangsang semua anggota mengambil bagian, tidak menyita waktu, hanya sedikit pengalaman yang diperlukan.
    Kelemahan : mudah lepas dari kontrol, harus ada evaluasi, dan anggota cenderung mengadakan evaluasi setelah satu pendapat diajukan.
  7. Debat
    Merupakan metode pembelajaran yang memilih dan menyusun materi ajar menjadi satu paket pro dan kontra.
    Kekuatan : dapat mengembangkan kemampuan akademik siswa dan merangsang kemampuan siswa untuk mengeluarkan pendapat yang sesuai dengan posisinya dalam kelompok debat.
    Kelemahan : tidak semua siswa dapat terlibat langsung, kurang efektif.
  8. Seminar
    Metode belajar mengajar yang melibatkan sekelompok orang yang mempunyai pengetahuan yang mendalam tentang suatu hal.
    Kekuatan : melatih menumbuhkan sikap positif siswa, memperkaya pengetahuan siswa serta memberi kesempatan siswa untuk saling berinteraksi.
    Kelemahan : memakan waktu lama dan bila siswa belum kondusif maka seminar tidak berjalan efektif.

  9. Bermain peran / roleplay
    Merupakan metode yang menetapkan seseorang pada situasi tertentu, seolah-olah menggambarkan situasi sebenarnya melalui penokohan, pengekspresian sikap, dan tindakan-tindakan.
    Kekuatan : dapat mendorong keterlibatan lebih mendalam dan memusatkan perhatian pada aspek yang dikehendaki.
    Kelemahan : keengganan melakukan peran, tidak menghayati, kurang realistis, dianggap dialog bahasa.
  10. Studi Kasus
    Metode ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan konsep dan teknik analisis dalam proses pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.
    Kekuatan: dapat memberikan wawasan yang luas, pertukaran pendapat, membuka kesiapan mental serta menemukan beberapa alternatif.
    Kelemahan : sulit mengukur sikap dan perilaku, hambatan waktu, dapat menimbulkan frustasi bagi siswa yang tidak punya ide pemecahan masalah.

(Sumber : File PPT dari Dra. Ninik Sri Widayati, M.Pd IKIP Surabaya)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Izin share + save artikel nya makasih :)

Nonton film box office

diana lusi mengatakan...

Silahkan.. jangan lupa creditnya yah :)

Posting Komentar

Jangan jadi silent readers yah guysss ;) yuk tinggalkan jejak yang positif dan sopan ^^

 

Diana's World Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review